Minggu, 06 Juli 2014

Nah..postingan kali ini saya akan membahas secara singkat tentang apa itu falconry versi saya yang saya kutip dari beberapa media sosial.
Sebenarnya telah lama saya mendambakan salah satu hobi ini, tapi karena keterbatasan media dan banyak hal yang perlu dipertimbangkan lainnya akhirnya saya mengurungkan niat tersebut demi kebaikan saya dan falcon itu sendiri.

Oke.. sekian basa basinya, mari kita bahas apa itu 'FALCONRY"

Dikutip dari wikipedia, falconry adalah kegiatan berburu dengan menggunakan elang atau alap-alap.
Akan tetapi dewasa ini pengertian tersebut meluas karena tidak hanya elang yang dimanfaatkan tetapi juga Burung Predator lainnya atau dalam dunia falconry disebut BOP ( Bird Of Prey ).
Faconry merupakan salah satu olahraga tertua di dunia yang telah ada sekitar 8 SM di Timur Tengah. Yang selanjutnya berkembang di Eropa untuk kaum bangsawan.

Sedangkan orang-orang yang menggeluti olahraga ini disebut dengan Falconer ( keren bukan ).
Untuk jenis Elang biasanya  buruan berfokus pada unggas dan kelinci. Sedangkan untuk jenis hwak atau rajawali atau golden eagle buruannya bisa lebih besar lagi seperti anak rusa, ular, serigala, atau rubah.
Paruh nya yang tajam dan daya cengkeramnya yang kuat menjadikan burung pemangsa terkuat.

Dewasa ini falconry tidak hanya dijadikan olahraga tetapi juga hobi bagi para BOP lover.
Mereka melatih BOP mereka untuk terbang bebas dan kembali lagi ke mereka. Mirip seperti lomba merpati yang berpasang-pasangan bedanya Pasangan merpati diganti dengan makanan atau peluit sebagai umpan.

Dari beberapa pengalaman,burung hantu memiliki tingkat kesetiaan lebih tinggi dan tentunya lebih mudah dilatih. Berbeda dengan elang yang memiliki naluri liar tinggi kadang lepas begitu saja jika sedang latihan "FREE FLIGHT" ( Latihan terbang bebas dengan melepaskan BOP terbang dan akan kembali jika diberi umpan seperti bunyi peluit atau daging ).
Akan tetapi burung hantu memiliki kelemahan yaitu buta diwaktu siang dan akan cepat dehidrasi jika teralu lama dibawah sinar matahari. Ini dikarenakan burung hantu adalah hewan nokturnal ( aktif dimalam hari ). Berbeda dengan elang yang memang berburu disiang hari.

Peralatan yang biasa digunakan falconry antara lain :
  • hood atau rufterkerudung dari kulit untuk menutup mata burung agar membuat perilakunya tenang.
  • lonceng kecil atau transmiter radio yang dipasang di kaki burung agar dapat dilacak jika ia hilang atau tersesat.
  • leg straps atau jesses (“pengikat kaki”), digunakan untuk mengendalikan pergerakan burung saat bertengger di tangan.
  • sarung tangan tebal, dipakai untuk melindungi tangan falconer dari cakar tajam.

Sekian dulu postingan kali ini. Untuk yang berminat dengan dunia falconry bisa bergabung di grup-grup facebook yang juga telah banyak mengadakan gathering bersama..

TRIMS
Posted by RichYoga On 23.05 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About