Jumat, 10 Januari 2014




Bukittinggi merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Barat setelah ibukotanya Padang. Terletak ditengah provinsi Sumatera barat dengan koordinat pada peta 0°17′8,93″LU 100°22′3,61″BT.  Memiliki luas total sekitar 25.24 km2 (9.75 mil²) dengan total populasi menurut sensus tahun 2010 sekitar 110.954 dan kepadatan 4400/km2.
Daerahnya yang berbukit dan berlembah membuat Bukittinggi menjadi kota dengan iklim sejuk dan kaya akan wisata alam. Tak hanya itu letaknya yang strategis menjadikannya daerah lintas Sumatera dengan pusat perdangangan dan grosir tepatnya di Aur Kuning. Oleh karena itu,baik wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara menjadikan Bukittinggi menjadi salah satu destinasi wisata utama di Sumatera Barat. Dapat dilihat setiap hari besar dan libur Bukittinggi selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan tersebut
Tujuan wisata itu antara lain  :
1.      Jam Gadang

2.      Panorama dan Lobang Jepang

3.      Ngarai Sianok

4.      Jenjang Seribu

5.      Greatwall Bukittinggi-Koto Gadang

6.      Benteng Fort De Kock dan Jembatan Limpapeh

7.      Kebun Binatang Bukittinggi

8.      Museum Tri Dhaya Eka Dharma

Sedangkan untuk makanan khasnya terkenal dengan berbagai jenis keripik antara lain karak kalang, batiah, sanjai balado, keripik pisang, dan lainnya. Untuk kuliner tersedia Rumah makan dan restoran terkenal seperti Rumah Makan Simpang Raya, Gon Raya, Sederhana, Family Raya yang sudah terkenal bahkan diluar Sumatera.

Jika mencari cendera mata, Pasar Atas adalah destinasi utama. Pasar Atas tempat dimana bangunan Jam Gadang berdiri merupakan pusat kota Bukittinggi. Oleh karena itu pasar atas selalu ramai setiap harinya baik karena orang berjualan, berbelanja, sekedar jalan kaki, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan sekitar Jam Gadang. Tak hanya di Pasar Atas kita juga dapat menemukan berbagai cendera mata ditaman Panorama walaupun tidak selengkap di Pasar Atas.  Dan jika anda mencari kebutuhan pokok sehari-hari tempatnya adalah Pasar Bawah Bukittinggi.

Mata pencarian penduduk pada umumnya adalah perkantoran, petani, pedagang, dan sebagian besar adalah perantau di dalam maupun luar Sumatera Barat. Ini merupakan ciri khas orang Minangkabau sebagai seorang perantau.

Dari padangan wisatawan Bukittinggi merupakan sebuah kota sejuk nan damai. Dikelilingi oleh perbukitan dan dua gunung yakni Singgalang dan Marapi membuat damai sejauh mata memandang.

Sekian dulu postingan saya kali ini. Sekedar untuk share dan berbagi . Maaf bila ada salah kata karena saya masih baru dalam hal blogger.
Wassalam.



Posted by RichYoga On 03.26 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About